"Bismillahirrahmanirrahim"

"Bismillahirrahmanirrahim"

Allah Bersifat Sama'

Baca Allah Bersifat Hayat

Kita iktikadkan di dalam hati bahwa Allah Ta’ala bersifat mendengar (sama'). Allah mendengar segala perkataan kita, bahkan apa yang kita ucapkan dalam hati. Allah mendengar atas segala ucapan yang baik dan yang buruk.


Allah Maha Mendengar. Dia mendengar dan mengabulkan doa yang ditujukan kepada-Nya. Adapun mengenai pengabulan doa, adakalanya Allah kabulkan seperti apa yang kita kehendaki, adakalanya Allah kabulkan seperti apa yang Allah kehendaki, dan itu baik bagi si pendoa, dan adakalanya Allah tangguhkan doanya itu dan diganti dengan yang lebih baik di akhirat kelak. Jadi, doa itu bukanlah untuk meminta apa yang kita kehendaki. Tetapi untuk menyampaikan keinginan kita. Dan Allah menyukai hamba-Nya yang berdoa kepada-Nya. Dengan kesukaan-Nya itu, maka Allah berikan yang terbaik bagi si hamba. Jika apa yang dikehendaki si hamba itu memang baik, maka Allah kabulkanlah seperti yang dikehendaki.

Jika yang dikehendaki si hamba itu berakibat buruk, atau kurang baik, maka Allah berikan yang lebih baik dari apa yang dikehendaki si hamba. Dan jika dikabulkan di dunia ini seperti yang diinginkan si hamba itu buruk, maka Allah menangguhkannya dan menggantinya dengan yang lebih baik, yaitu dengan ampunan dan kasih sayang-Nya di akhirat kelak. Tetapi ada kalanya, seseorang itu berdoa, dan itu dapat berakibat buruk baginya, lalu Allah mengabulkannya sehingga ia semakin jauh dari Allah. Maka yang demikian itu adalah istidraj. Allah membiarkan dia terlena dalam keni’matan, sehingga di hari kiamat, Allah dapat menyiksanya dengan siksa yang pedih diakibatkan kekufurannya.

Wajib Allah Ta’ala mendengar, yaitu sifat qadim yang berdiri dengan Dzat-Nya. Dalilnya: “Dan Allah maha mendengar lagi maha mengetahui.“ (QS. Albaqarah: 256).

Maka mustahil atas Allah Ta’ala itu bersifat dengan sifat lawanannya yaitu tuli . Maka patut bagi mukmin bahwa ia sangat takut berkata yang diharamkan karena tuhannya mendengar segala perkataannya.

Baca Allah Bersifat Bashar


Bagikan ke

0 Response to "Allah Bersifat Sama'"

Post a Comment

About Me

My photo
Melak, Kalimantan Timur, Indonesia
Assalamu'alaikum wr. wb. Saya berharap kehadiran blog ini dapat bermanfaat bagi kaum muslimin demi tegaknya Islam di muka bumi. Amin...

Follow Me on