"Bismillahirrahmanirrahim"

"Bismillahirrahmanirrahim"

Allah Bersifat Wahdaniyah

Baca Allah Bersifat Qiyamuhu Binafsihi

Kita iktikadkan di dalam hati bahwa Allah Ta’ala itu Esa (wahdaniyah) pada Dzat-Nya, Sifat-Nya dan Af’al-Nya. Tidak ada baginya sekutu, bandingan, persamaan, lawanan dan tantangan. Allah tidak beranak dan tidak diperanakkan dan tidak ada bagi Allah seorang pun yang setara dengan Dia.


Dalil akalnya adalah alam ini. Dalil naqalnya: “Sekiranya ada di langit dan di bumi tuhan-tuhan selain Allah, tentulah keduanya itu telah rusak binasa. Maka Mahasuci Allah yang mempunyai 'Arsy daripada apa yang mereka sifatkan.” (QS. al-Anbiya: 22);

Allah sekali-kali tidak mempunyai anak, dan sekali-kali tidak ada tuhan (yang lain) beserta-Nya, kalau ada tuhan beserta-Nya, masing-masing tuhan itu akan membawa makhluk yang diciptakannya, dan sebagian dari tuhan-tuhan itu akan mengalahkan sebagian yang lain. Mahasuci Allah dari apa yang mereka sifatkan itu,” (Qs. al-Mu’minun: 91). 
Maka mustahil atas Allah Ta’ala itu bersifat dengan lawanannya yaitu berbilang (ta’addud). Maka patut bagi mukmin bahwa ia melihat fi’il (perbuatan)-Nya Allah Ta’ala atas tiap-tiap sesuatu kejadian.

Baca Allah Bersifat Qudrat



Bagikan ke

0 Response to "Allah Bersifat Wahdaniyah"

Post a Comment

About Me

My photo
Melak, Kalimantan Timur, Indonesia
Assalamu'alaikum wr. wb. Saya berharap kehadiran blog ini dapat bermanfaat bagi kaum muslimin demi tegaknya Islam di muka bumi. Amin...

Follow Me on